Harga Tembus Rp400.000 Bibit Jambu Kancing Diburu Penghobi

43
Bibit jambu kancing dalam polibag rajin kali berbunga

BIBIT jambu kancing belakangan mulai diburu penghobi tanaman, khususnya tabulampot. Daya tarik jambu kancing yang sudah berbuah, membuat banyak orang tertarik untuk memilikinya.

Bibit jambu kancing bisa dibuat dengan cara cangkok, namun kebanyakan dibuat dengan teknik okulasi (tempel). “Untuk membuat bibit jambu kancing, sebaiknya pilih indukan pohon jambu kancing yang ideal yaitu yang memiliki tinggi minimal 3 meter dan telah berusia minimal 8 tahun,” terang Elsa pemilik Garden Fruit.

Untuk memilih batang atas atau tunas jambu kancing yang diambil dari indukan minimal usia 8-10 tahun atau sudah 10 kali berbuah sehingga rasa jambu tidak berubah-ubah. “Pilih batang atas yang sudah dewasa dengan warna daun hijau tua, potong batang atas sekitar  5-8cm mulai dari pucuk sampai ke batang yang memiliki tekstur agak keras dan masih berwarna hijau kecokelatan,” ucapnya.

Kemudian sayat kedua sisi pangkal cabang sepanjang 2-2,5cm menggunakan pisau cutter yang masih baru dan steril. “Untuk batang bawah biasanya digunakan jambu air jenis jambu mawar, pilihlah batang bawah dengan kondisi yang sehat dan tidak terserang hama. Ambil batang bawah sepanjang 20 cm dari permukaan tanah, kemudian batang bawah dibelah sekitar 2-2,5cm atau sama dengan belahan batang atas,” paparnya.  (pur)