Desa Tigawasa Tawarkan Wisata Kekeluargaan

26

Singaraja (Bisnis Bali) – Desa Tigawasa, Kecamatan Banjar Buleleng yang merupakan salah satu dari lima desa Bali Aga menawarkan wisata dengan konsep kekeluargaan kepada wisatawan. Konsep kekeluargaan dimaksud, apapun aktivitas sehari-hari masyarakat di Desa Tigawasa itulah yang diperkenalkan sehingga kesan natural dan kental akan ciri khas Desa Tigawasa menjadi ketertarikan sendiri bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke Buleleng khususnya ke Desa Tigawasa.

Menurut Gede Widarma, salah seorang pelaku pariwisata dari Desa Tigawasa, Senin (9/4) mengatakan, konsep kekeluargaan ini merupakan terobosan baru di tengah-tengah ketatnya persaingan pariwisata dewasa ini. Selain itu tujuan wisatawan berkunjung ke Buleleng khususnya ke Tigawasa yang merupakan desa Bali Aga tidak hanya ingin menikmati keindahan alam dengan segala potensinya, melainkan ingin mengenal aktivitas masyarakat yang belum pernah mereka temukan di negaranya. Salah satunya adalah aktivitas berkebun, menganyam, bahkan mengolah aneka menu makanan atau minuman.

Ia menegaskan, wisatawan yang datang berkunjung tidak memerlukan kemewahan baik fasilitas hingga penyajian makanan dengan pelayanan ala luar negeri. Namun, yang dicari adalah kenyamanan, sehingga sesederhana mungkin ditawarkan seperti penggunaan tempat makanan dan minuman seperti piring, gelas bahkan inke. “Wisatawan tidak membutuhkan gelas cantik, piring ala restoran karena di negara mereka kemewahan seperti itu sudah sering ditemukan justru apa yang kita gunakan itulah yang menarik wisatawan karena tidak bisa mereka jumpai kebiasaan seperti kita disini,” ungkapnya. (ira)