Denpasar (Bisnis Bali)- Kain Endek merupakan salah satu kain ciri has Bali, yang saat ini semakin dilirik masyarakat. Tidak hanya untuk kain ke Pura, jenis kain yang satu ini juga banyak dimanfaatkan untuk pakaian seragam, baik itu seragam sekolah, seragam kantor hingga Ibu-ibu PKK.

“Kain endek itu unik sekali, motifnya beragam tapi memiliki kehasan tersendiri sehingga mudah dipadupadankan dengan jenis kain lain. pokoknya dari dulu kami selalu mencintai kain ini untuk seragam” ucap Sri Sutari, salah seorang pengurus PKK di kota Denpasar,yang baru merampungkan seragam PKKnya yang baru berbahan utama endek.

Motif endek memang banyak, meski demikian tidak sulit untuk digunakan sebagai seragam, asal modifikasinya dengan pola yang tepat serta dengan warna yang cocok. “Sekarang ini kita pakai kain endek dengan warna dasar hijau botol, dengan motif prada. Jika dilihat sepintas mungkin orang mikirnya kita tidak bisa pilih warna, tapi setelah dipilih pola yang elegan serta dipadukan dengan kain warna yang pas hasilnya, seragam tampak jadi mewah sekali. Terlebih lagi motif prada yang biasanya kurang diminati, ternyata setelah jadi seragam kelihatan agung sekali,” tambah Sri Sutari.

Hal senada diakui pemilik toko kain besar di Bali Odenant Textile, Cok Istri Mirah. Menurutnya, kain endek itu tidak ada matinya, hampir semua kantor, badan usaha, atau PKK memilih jenis kain ini sebagai bahan untuk setelan seragam. “Warnanya banyak, mulai dari yang polos sampai yang norak ada. Motifnya juga banyak dan yang paling penting dilihat dari segi harga itu sangat variatif, sehingga mampu dijangkau segala golongan dan tidak menguras kantong,” ungkap Cok Istri Mirah. (ita)