Kuliner Lokal Jadi Daya Tarik Wisatawan Berkunjung ke Buleleng

56

Singaraja (Bisnis Bali) – Kabupaten Buleleng tidak hanya dikenal dengan wisata dan keindahan alamnya saja. Akan tetapi juga kuliner khasnya yang sangat mendapatkan perhatian istimewa dari para wisatawan asing, dengan cita rasa dan rempah-rempah yang khas berbagai olahan masakan khas Buleleng menjadi incaran wisatawan saat berkunjung.

Seperti halnya di Desa Tigawasa, Kecamatan Banjar, Buleleng, yang merupakan salah satu desa wisata yang masuk dalam Desa Bali Aga ini tentu memiliki berbagai menu masakan dengan penyajian yang khas pula.

Menurut Gede Widarma, salah seorang pelaku pariwisata dari Desa Tigawasa, wisatawan asing yang berkunjung ke Desa Tigawasa selain menikmati indahnya alam, tradisi dan budaya juga kulinernya.

Bahkan, kuliner paling sederhana yang menjadi daya tarik bagi wisatawan adalah pisang goreng lengkap dengan gula aren, serta teh herbal yang diracik khusus olehnya. Selain itu menu makanan sehari – hari masyarakat Di Desa Tigawasa yang disajikan seperti sayur urab, sayur rebung (bambu muda) dan sate lilit,  dengan konsep kekeluargaan menjadi favorit wisatawan. “Apa yang sedang musim di Tigawasa seperti musim rebung ya kita masak itu jadi kita sajikan apa yang belum pernah mereka jumpai di negaranya,” jelasnya.  (ira)