Kredit Bank tidak Tersalur, Dunia Usaha tak Bergerak

27

Denpasar (Bisnis Bali) – Ketidakmampuan bank menyalurkan kembali dana masyarakat dalam bentuk kredit sangatlah disayangkan, karena ini membuat dunia usaha tidak bergerak. Bank yang tidak mampu menyalurkan kredit perlu dipertanyakan apa pemicunya karena rentan membuat perekonomian tidak tumbuh.

Wakil Kadin Bali Bidang Finasial dan Moneter, IB Kade Perdana di Sanur, Rabu (4/4) kemarin mengatakan, perbankan yang tidak mau dan tidak mampu menyalurkan kembali dana masyarakat yang dapat dihimpunnya dalam bentuk pinjaman sangat disayangkan.

“Kredit tidak tumbuh mungkin masyarakat tidak mau meminjam uang ke bank tersebut karena bisa saja  persyaratannya yang rumit dan bunganya dirasa ketinggian sehingga dipandang berisiko tinggi,” katanya.

Bisa pula berbagai alasan misalnya karena situasi perekonomian yang tidak baik dan pemerintah atau otoritas moneter menerapkan kebijakan uang ketat, sehingga membuat perbankan terpaksa tidak menyalurkan pinjaman. Bisa juga masyarakat cenderung mengambil posisi aman dan nyaman dengan menempatkan dananya di perbankan ketimbang untuk berinvestasi atau untuk modal berusaha maupun dibelanjakan.

“Untuk tujuan lain seperti berjaga-jaga sambil melihat situasi menunggu momentum ekonomi menjadi lebih kondusif dan menguntungkan baru berinvestasi kemungkinan itu bisa terjadi,” terangnya. (dik)