Rebut Peluang Kerja, Disperinaker Klungkung Beri Pelatihan FB Kitchen

11

Nusa Penida (Bisnis Bali) – Pemerintah Kabupaten Klungkung melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan (diklat) keterampilan FB Kitchen bagi pencari kerja di Kabupaten Klungkung. Kegiatan diklat dibuka oleh Kepala Disperinaker Kabupaten Klungkung, I Gede Kusuma Jaya di Nusa Penida.

Dalam sambutannya, Kepala Disperinaker Kabupaten Klungkung, I Gede Kusuma Jaya menyampaikan bahwa tak dipungkiri pengangguran masih ada di Bali akibat terbatasnya kesempatan kerja. Namun tingkat pengangguran di Bali masih jauh di bawah nasional.

Meski demikian, hal itu tetap harus diperhatikan karena dampaknya sangat kompleks terhadap akumulasi kemiskinan dan berkorelasi dengan keamanan. Pelatihan kerja adalah salah satu cara yang dapat ditempuh untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas tenaga kerja (naker).

Dikatakan, dengan diberlakukannya masyarakat ekonomi asean atau economy community yang ditandai dengan persaingan makin ketat maka dalam dalam situasi dan kondisi sekarang diperlukan langkah kongkret untuk menyiapkan calon naker atau pencari kerja yang terampil. Terlebih lagi Bali menjadi daerah tujuan wisata dunia dan sektor pariwisata merupakan andalan dalam perekonomian Bali. Tingginya tingkat kunjungan wisatawan ke Bali sudah tentu sangat membutuhkan naker bidang pariwisata untuk mengisi peluang kerja.

“Hal ini mengandung arti dan konsekuensi bahwa naker dituntut untuk membekali diri dengan keterampilan agar mampu bersaing memperebutkan peluang kerja,” ungkapnya. (dar)