Jadi Wirausaha, Tantangan Generasi Muda Masa Kini

33
TI - Penguasaan TI jadi keharusan bagi generasi muda yang terjun sebagai wirausaha yang kreatif, inovatif, dan modern.

Pada era digital sekarang ini, generasi muda Bali khususnya makin dituntut kreatif menggarap berbagai  peluang ekonomi Bali dengan menjadi wirausaha-wirausaha muda yang inovatif dan modern. Apa tantanganya?

PENGUASAAN teknologi informasi (TI) di kalangan generasi muda kekinian merupakan hal mutlak. Hal ini untuk menjawab tantangan persaingan global yakni memacu jumlah wirausaha di daerah maupun secara nasional sehingga makin mampu mengangkat berbagai potensi ekonomi unggulan Bali khususnya. Bali yang memiliki potensi pariwisata yang makin berkembang dari waktu ke waktu telah membuka berbagai peluang ekonomi lainnya. Contohnya berkembangnya usaha kerajinan kayu, emas, perak, tekstil dan produk tekstil (TPT), jasa transportasi, telekomunikasi, dan bidang ekonomi lainnya. Berbagai bidang usaha tersebut sudah berkembang dan digarap para pelaku usaha kecil menengah (UKM). UKM merupakan salah satu kekuatan perekonomian daerah menghadapi persaingan global. Produk-produk yang dihasilkan bukan saja memiliki peluang pasar di dalam negeri tetapi juga ekspor. Inovasi produk UKM juga untuk menjawab tantangan  persaingan global dengan maauknya  produk impor yang memborbardir pasar di Bali.

Generasi muda baik yang memiliki latar belakang pendidikan formal yang mumpuni maupun tidak memiliki kesempatan yang sama untuk membuka usaha sendiri sesuai dengan skill yang dimiliki. Bidang kerajinan emas perak misalnya merupakan peluang bisnis yang menjanjikan. Hal tersebut karena pasar dalam maupun luar negeri (LN) banyak yang berminat membeli produk seni tersebut baik untuk meningkatkan ekspresi maupun investasi. Karena itu, indikator promosi selain modal dan manajemen bisnis merupakan hal penting yang harus dirancang dengan sistem yang tepat. Sistem tersebut adalah pemasaran online yang bersifat epektif dan relatif murah. Sistem promosi online membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni di bidang TI. Dengan cara ini diharapkan manfaat yang diperoleh lebih optimal dibandingoan promosi konvensional. Kemajuan TI dengan berbagai media sosialnya seperti Twiter, Facebook, Instagram, website, dan lainnya juga bisa dimanfaatkan untuk menjangkau pasar di dunia dengan cepat dan waktu yang sama. (gun)