Sangat Mudah, Pembibitan Sabrina dengan Sistem Stek

169

TANAMAN hias sabrina saat ini sedang tren, sehingga permintaan terus mengalami peningkatan. Bunga yang juga dikenal dengan melati jepang mini ini, sangat mudah dikembangkan dan dibudidayakan.

Untuk membudidayakan bunga sabrina, Nengah dari Surya Bhuana Florist Jalan Hayam Wuruk Denpasar mengatakan sangat mudah cukup dengan stek. “Cara penanaman dengan stek ini bisa menggunakan pucuk batangnya. Tetapi, batang yang dipotong tidak boleh tua dan juga tidak boleh terlalu muda,” tuturnya.

Caranya yaitu pilih pucuk batang yang akan digunakan sebagai bibit, potong sepanjang 5 cm. Kemudian siapkan media tanam dalam pot yang berisi tanah subur. Lalu dicampur dengan sekam padi dengan perbandingan 3:1.

Selanjutnya, pucuk batang tersebut ditanam di media tersebut dan disiram setiap hari. Agar stek berhasil, sebaiknya letakkan bibit di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung dan ditutup dengan plastik bening.

“Kalau pemupukan sebaiknya dilakukan secara bibit berumur 40 hari, pemupukan dilakukan untuk memacu pertumbuhan bunga. Sebaiknya pupuk yang digunakan adalah pupuk kandang yang telah difermentasikan agar tidak muncul hama uret dalam pupuk tersebut,” ujarnya (pur)