Mas Sumatri: Gali Potensi Desa untuk Sejahterakan Masyarakat

33

Amlapura (Bisnis Bali) – Potensi desa mesti digali dan dikelola secara optimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal itu dilakukan agar Karangasem terhapus dari  daftar sebagai kabupaten tertinggal, tak lagi dicap masyarakatnya paling banyak miskin, penduduk dengan angka  buta huruf tertinggi, indeks pembangunan manusia (IPM)  terendah dan seabrek predikat minor lainnya.

Hal itu disampaikan Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri, saat sosialisasi dan penandatanganan komitmen pendataan potensi desa dengan perbekel/lurah se-Karangasem, Senin (2/4) kemarin.  Bupati Mas Sumatri mengatakan, sebenarnya masih banyak potensi di desa-desa di Karangasem yang belum didata, apalagi ditata dan dikelola optimal untuk peningkatan kesejahteraan rakyat. Dia mencontohkan, potensi wisata tirta, di Desa Pempatan Rendang, ada sumber mata air yang besar. Hal itu atas laporan beberapa warga desa setempat. Saat dijajaki sumber air luar biasa besar itu, masyarakat setempat menyatakan mau membebaskan sedikit lahannya jika diperlukan seperti untuk jalan ke lokasi mata air. ‘’Warga setempat juga bersedia melakukan penataan, membuka jalan secara swadaya atau bergotong-royong demi optimalisasi potensi desanya,’’ katanya.

Bupati Mas menambahkan, perlunya ada kerja sama  dan komitmen kuat antara desa dengan pemerintahan di atasnya. Hal itu juga dalam rangka merealisasikan Nawacita Presiden Joko Widodo, yang gencar kerja dan membangun dari pinggiran yakni dari desa ke kota. Menurutnya, aspirasi pembangunan yakni melalui musrenbangdes  juga mesti dioptimalkan, karena merupakan kebutuhan masyarakat. (bud)