Targetnya Cetak Enterpreneur Dari ”Workshop” Tata Rias Pengantin Bali, Tengkuluk Lelunakan, Pusung Tagel dan Kewirausahaan

65

Harian Bisnis Bali bekerja sama dengan Pemkab Badung, Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Agung dan Toya Group kembali menggelar workshop Tata Rias Pengantin Bali, Tengkuluk Lelunakan, Pusung Tagel dan Kewirausahaan di wantilan Pura Lingga Bhuana Puspem Badung, Rabu (28/3) kemarin. Apa targetnya?

PEMIMPIN Umum Bisnis Bali, Nengah Srianti mengatakan, workshop yang melibatkan ibu-ibu PKK se-Badung tersebut tidak lepas dari upaya meningkatkan jumlah enterpreneur yang tidak harus dari kalangan generasi muda saja. Saat ini, ibu-ibu PKK juga diharapkan dapat membentuk kelompok dan mendirikan UMKM di desa masing-masing dengan mengangkat keunggulan desanya.

Dalam workshop, ibu-ibu PKK dibekali dengan pengetahuan tentang kiat berwirausaha dan trik membuat sanggul (pusung) tagel dengan cepat.

Pemilik LKP Agung, Dr. Dra. AA Ayu Ketut Agung, M.M. mengatakan, ibu-ibu harus bisa membuat pusung tagel sendiri. Berbagai kegiatan adat di Bali mengharusnya mereka menggunakan pusung tagel.

“Pusung tagel adalah lambang kedewasaan perempuan Bali, sehingga setiap kegiatan adat keagamaan ibu-ibu harus menggunakan pusung tagel. Membuatnya sebenarnya mudah, sehingga ibu-ibu tidak harus ke salon apalagi saat tidak punya uang,” ucapnya. (pur)