Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ dan Dua Ranperda di Tabanan

21
Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya menyampaikan LKPJ Bupati Tabanan. (man)

Tabanan (Bisnis Bali) –  Wakil Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Tabanan dan penyampaian dua buah Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Tabanan 2017 dalam rapat paripurna yang berlangsung Rabu (28/3), di Ruang Rapat DPRD Tabanan.

Wabup Sanjaya mengatakan, laporan LKPJ Bupati Tabanan tahun anggaran 2017 disusun berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJMD) 2005-2025, RPJMD Semesta Berencana 2016-2021, RKPD tahun 2017, Kebijakan Umum APBD (KUA), Prioritas Plafon Anggaran (PPA) serta Peraturan Daerah Kabupaten Tabanan nomor 13 tahun 2017. Tema pembangunan Kabupaten tahun 2017 yaitu ‘Memacu sektor hulu untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan berbasis desa.

“Tema ini sejalan dengan ekonomi kerakyatan yang ingin diciptakan di Kabupaten Tabanan yaitu ekonomi yang bersumber dari mata pencaharian sebagian penduduk di Kabupaten Tabanan yakni pertanian. Pembangunan ekonomi kerakyatan memberikan kesempatan yang luas bagi masyarakat untuk berpartisipasi dan harus digerakkan mulain dari satuan wilayah administratif pemerintah terkecil yaitu desa,” ungkapnya.

Ekonomi kerakyatan berbasis desa diharapkan dapat memperkuat pemerintah Desa dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan masyarakat desa serta pemberdayaan masyarakat desa yang diwujudkan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan mengelola hasil-hasil pertanian dalam arti luas maupun hasil olahannya.

“Pemerintah Kabupaten Tabanan akan berupaya menjamin kestabilan dan kewajaran harga beli hasil-hasil pertanian serta pemasaran hasil-hasil produknya melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD),” ungkap Sanjaya.  (man)