Bangli (Bisnis Bali) – Perkembangan pariwisata di Bangli saat ini masih dibilang stagnan alias jalan di tempat. Padahal, banyak sekali tempat pariwisata yang dikembangkan oleh masyarakat setempat.

Menurut Wayan Gunawan, pelaku pariwisata yang juga anggota DPRD Bali mengatakan, peran pemerintah setempat dalam mengembangkan dan membangun sistem pariwisata sangat penting dilakukan bersama dengan pelaku industri pariwisata. “Pemerintah daerah perlu membuat satu sistem kepariwisataan daerah Bangli yang bercorak kekhasan Bangli yang merujuk pada regulasi utamanya RTRW Kabupaten Bangli,” katanya.

Sejalan dengan itu, ditetapkan objek daya tarik pariwisata yang potensial dan menjangkau tidak saja Kintamani tetapi secara terpadu keseluruhan kecamatan, dengan nelibatkan seluruh stakeholder yang ada penting untuk dilakukan. Industri pariwisata yang telah dirintis dan berkembang yang dilakukan oleh masyarakat harus mendapat panduan melalui regulasi yang disepakati bersama, sehingga memperkecil dampak negatif.

Selain itu sarana dan prasarana juga harus disiapkan dengan baik sehingga bisa berjalan bersamaan. “Kemajuan pariwisata tidak hanya tergantung dari pelaku atau industri pariwisata saja, dengan adanya kebersamaan yang di dalamnya juga ada peran pemerintah tentu hasil akan makin maksimal,” katanya. (ita)