Mangupura (Bisnis Bali) – Sekkab Badung Wayan Adi Arnawa mewakili Bupati Badung, Selasa (27/3) kemarin, membuka Seminar “Strategi Memulai dan Mengembangkan Bisnis Digital”. Acara yang berlangsung di wantilan Pura Lingga Bhuana Pemkab Badung tersebut digelar Harian Bisnis Bali (Kelompok Media Bali Post) bekerja sama dengan Pemkab Badung dan STIKOM Bali.

Pada kesempatan itu, Sekkab Adi Arnawa sangat menyambut baik seminar bisnis digital ini yang diikuti sekitar 200-an siswa SMK dan SMA se-Badung tersebut. Bisnis digital, ujar mantan Kadispenda Badung tersebut, layak dikembangkan karena perkembangan informasi teknologi (IT) saat ini. “Perkembangan IT harus dimanfaatkan secara maksimal terutama dalam hal pengembangan bisnis,” tegasnya.

Dia menegaskan, siapa pun yang menguasai IT, akan menguasai dunia. “Kuasai IT, bisnis pun di genggaman,” tegasnya.

Dia mencontohkan, Pemkab Badung saat ini sudah menerapkan sistem digital dalam segala sektor. Dalam hal disiplin pegawai misalnya, Pemkab Badung menggunakan sistem digital. Soal kehadiran pegawai, tercatat oleh sistem. Demikian juga soal kinerja. “Sistem akan mencatat semua kinerja pegawai yang nantinya terkait dengan nafkah atau pendapatan pegawai,” tegasnya.

Khusus IT di sektor bisnis, katanya, peluangnya cukup besar. Tak sedikit pengusaha sukses dengan omzet ratusan juta memanfaatkan IT dalam keseharaiannya.

Karena itu, Adi Arnawa meminta peserta yang merupakan siswa SMK dan SMA se-Badung untuk serius mengikuti seminar ini. Dia juga sepakat, kegiatan ini akan mampu menumbuhkan wirausaha-wirausaha baru. (sar)