Inkubator Bisnis Unhi Wadahi ”Start-Up” Mahasiswa

31

Denpasar (Bisnis Bali) – Universitas Hindu Indonesia (Unhi) tengah serius mempersiapkan mahasiswanya menjadi wirausaha yang berbasis pada agama, seni, budaya dan kearifan lokal Bali. Melalui inkubator bisnis yang dimiliki kampus tersebut, start-up atau kreativitas mahasiswa akan difasilitasi baik dari pemasaran produk, jasa, penyaluran dana hibah hingga pelatihan kewirausahaan.

Meski inkubator bisnis di Unhi belum lama berdiri, namun sudah ada sejumlah start-up mahasiswa yang antre untuk mendapatkan fasilitas. Demikian dikatakan Ketua Inkubator Bisnis (Inbis) Unhi, Ida I Dewa Ayu Yayati Wilyadewi, S.E.Ak., M.M., di sela-sela seminar kewirausahaan di Gedung Pascasarjana Unhi, Selasa (27/3).

Wilyadewi memaparkan, sejumlah tenant di Unhi telah menghasilkan produk-produk yang bermanfaat seperti obat-obatan herbal (Ayur Weda), jasa tata rias, tabuh, bebantenan dan lainnya. Ia menjamin semua produk dan jasa yang ada difasilitasi Inbis Unhi tidak keluar dari rel kearifan lokal.

“Semua tenant kami baik jasa dan produk yang dihasilkan mengikuti petunjuk sastra dan kearifan lokal. Apalagi bebantenan, kami sesuaikan dengan kebutuhan umat yakni nista, madya, utama, namun ke depannya memang kami harapkan menggunakan teknologi,” katanya. (pur)