Pemerintah Salurkan 85,6 Ton Rastra di Klungkung

23

Semarapura (Bisnis Bali) – Sebanyak 85,6 ton beras sejahtera (rastra) siap disalurkan untuk masyarakat Klungkung. Pemerintah akan menyalurkan beras tersebut bagi 8.560 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di empat kecamatan di Kabupaten Klungkung secara gratis.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Klungkung, Ida Bagus Anom Adnyana menyampaikan, tahun 2018 rastra beralih menjadi Bantuan Sosial Beras Sejahtera (bansos rastra). Tiap KPM akan menerima 10 kilogram rastra kualitas medium dari pemerintah tanpa biaya tebus alias gratis. “Berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana setiap KPM menerima jatah rastra sebanyak 15 kg dengan biaya tebus Rp.1.600/kg,” ujar Anom Adnyana.

Sebagai konsekuensi peluncuran program bansos rastra ini, diperlukan upaya dan tindakan dalam penyaluran bansos rastra dan integrasi program bansos rastra menuju program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Di Kabupaten Klungkung, Daftar Penerima Manfaat (DPM) program bansos rastra berdasarkan data dari Kementerian Sosial RI sebanyak 8.560 KPM.

Jumlah ini tersebar di empat kecamatan. Masing-masing Kecamatan Klungkung sebanyak 1.583 KPM, Kecamatan Dawan 1.112 KPM, Kecamatan Banjarangkan 1.273 KPM dan Kecamatan Nusa Penida sebanyak 4.592 KPM. “Ke depan para penerima bantuan ini akan dibuatkan kartu sebagai identitas penerima bansos rastra,” sebutnya. (dar)