Desa Sidan Dinilai Lomba Desa Berprestasi Menurunkan Kemiskinan

34
Penilaian Lomba Desa Berprestasi Menurunkan Kemiskinan 2018 di Kantor Desa Sidan, Jumat (23/3). (kup)

Gianyar (Bisnis Bali) – Desa Sidan, Kecamatan Gianyar mewakili Kabupaten Gianyar pada Lomba Desa Berprestasi Menurunkan Kemiskinaan 2018 tingkat Provinsi Bali. Upaya penurunan kemiskinan di Desa Sidan, dilakukan berbagai upaya salah satunya pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Pasar Desa dengan mengoptimalkan potensi yang dimiliki termasuk sumber daya manusia (SDM).

Demikian terungkap saat penilaian Lomba Desa Berprestasi Menurunkan Kemiskinan 2018 di Kantor Desa Sidan, Jumat (23/3).

Kepala Desa Sidan, I Made Sukra Suyasa mengatakan, upaya penanggulangan kemiskinan di Desa Sidan yang sebagian besar penduduknya merupakan petani dan buruh mulai dilakukan sejak 2012 lalu. Hal ini sejalan dengan program yang diluncurkan oleh Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten.

Berbagai upaya dilakukan mulai mengoptimalkan potensi desa, hingga pemanfaatan sumber daya manusianya. Di antaranya, pembangunan Pasar Desa, Warung Desa, Salon Desa hingga penyaluran  air bersih ke warga. Kesemua usaha ini dikelola oleh BUMDes.
“Pembetukan BUMDes dengan berbagai unit usaha yang dikembangkan, secara tak langsung membuka lapangan pekerjaan bagi warga yang menganggur. Hal ini tentu akan berimbas pada peningkatan kesejahteraan warga,” terang Sukra Suyasa.
Sukra Suyasa menambahkan, pada Pasar Desa juga dikelola Pasar Yadnya yang menyediakan segala kebutuhan upakara bagi warga. Dimana barang dagang (sarana upakara) dengan memanfaatkan potensi local yang ada di Desa Sidan. “Ini juga sebagai penghasilan tambahan bagi ibu-ibu rumah tangga,” cetus Sukra Suyasa. (kup)