Bunga Begonia Kian Diminati Penghobi Tanaman

357

Denpasar (Bisnis Bali) – Para penghobi tanaman hias mulai melirik bunga begonia, karena bunganya yang cantik dan mudah ditanam. Penanaman begonia di pekarangan dapat mempercantik taman dan memberikan efek penghilang stress.

Sebelumnya, Bisnis Bali telah menyajikan cara menanam begonia di dalam ruangan. Kali ini kami akan membahas cara merawat begonia yang ditanam di pekarangan.

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum menanam bunga begonia adalah melakukan persiapan lahan terlebih dahulu dan memilih jenis begonia yang akan ditanam, karena ada banyak sekali jenis begonia. Di antaranya rex, wax, grandis, elatior dan masih banyak lagi.

Bunga begonia sebenarnya tidak terlalu suka dengan cuaca yang terlalu dingin sehingga sebaiknya menanamnya pada awal musim kemarau.  Selain itu begonia sebaiknya ditanam di tempat yang  terkena sinar matahari pagi atau sore, serta terhindar dari angin yang kencang. Setelah memilih tanaman, bersihkan area tanam terlebih dahulu dari batuan dan rumput liar, lalu gemburkan tanah sambil mencampurnya dengan pupuk. Perbandingan yang baik antara tanah dan pupuk kandang yaitu 2 : 1. PH tanah yang baik yaitu sekitar 6 hingga 9. Bila pH tanah terlalu asam, Anda bisa melakukan pengapuran terlebih dahulu dengan dolmit. (pur)