BEBERAPA produk pertanian seperti buah, diketahui hingga kini masih disuplai dari luar negeri (impor) meskipun kran impor mulai diperketat oleh pemerintah. Karena itu, sejumlah petani saat ini terus mengepakkan sayapnya dengan berbagai jenis budidaya tanaman buah impor untuk dibudidayakan di Indonesia.

Di Kabupaten Buleleng salah satunya, beberapa produk tanaman buah impor ternyata cocok dibudidayakan di Bali Utara seperti lemon Amerika. Bibit lemon yang didatangkan dari luar negeri ini tumbuh subur di perkebunan Rama Sinta Farm di Desa Tajun Kecamatan Kubutambahan, Buleleng.

Dikatakan Made Arnaja, petani pembudi daya berbagai produk tanaman impor, serapan supermarket terhadap lemon cukup tinggi sementara saat ini hampir 80 persen suplai lemon dari Cina dan Amerika, padahal lemon juga bisa dibudidayakan di negara beriklim tropis seperti Indonesia. “Kenapa harus impor kalau kita bisa tanam sendiri. Kita juga mampu tanam bahkan perawatannya lebih mudah dibandingkan tanan jeruk sejenisnya,” ungkapnya.

Diterangkannya, lemon Amerika termasuk jenis tanaman yang mudah ditanam dan bisa dipanen sepanjang tahun, selain itu jenis lemon ini merupakan jenis lemon unggul yang sangat layak dibudidayakan dalam skala besar karena nilai jual yang dimiliki cukup tinggi. Harga jual lemon Amerika ini tiga kali lipat dari harga lemon lokal. Di samping itu jeruk lemon Amerika ini memang sangat mendominasi di pasar modern.

Ia menambahkan, terbilang cukup berhasil dibudidayakan dengan produksi buah yang besar. Melihat tingkat produktivitas yang tinggi ini tentu menjadi ketertarikan sendiri baginya untuk tekun membudidayakan lemon Amerika.  (ira)