Makin Bergairah, Wisatawan ”Cruise” Nikmati Tur di Bali

36
LAYANI TUR - Armada angkutan wisata yang melayani tur wisatawan cruise yang datang Maret 2018 di Pelabuhan Benoa.  (kup)

Peningkatan animo wisatawan cruise untuk melakukan tur di Bali akan menggairahkan pariwisata Bali. Sejauhmana kesiapan sarana armada  dan penunjang lainnya untuk menopang kegiatan tur dari pasar cruise ini?

CRUISE yang melalui Indonesia menggunakan dua rute. Wisatawan cruise ini naik dari Hongkong melalui Filipina dan Indonesia- Singapura. Dari Singapura wisatawan cruise selanjutnya kembali ke negaranya. Rute kedua wisatawan cruise ini naik cruise dari Singapura melalui Indonesia-Filipina-Indonesia-Hongkong. Wisatawan cruise dari Hongkong bisa naik pesawat ke negaranya.

Ketua INCCA Bali, IB Surakusuma mengatakan, Bali sebagai destinasi dunia memiliki potensi wisata maritim yang bisa disinggahi cruise. Kapal pesiar ini akan membawa ribuan penumpang meramaikan pariwisata Bali. Direktur Eksternal Pacific World Nusantara ini melihat pemerintah memberikan penyederhanaan  aturan terkait kedatangan cruise melalui Bali. Ini termasuk biaya yang lebih murah ketika memanfaatkan fasilitas dermaga atau pelabuhan laut baik di Pelabuhan Benoa maupun Celukan Bawang.

IB Surakusuma meyakinkan, wisatawan cruise ini bisa melakukan turn arround penumpang di Bali. Selain itu yang utama penumpang cruise akan melakukan tur di Bali. Ini dibutuhkan kesiapan armada angkutan wisata dan SDM pramuwisata yang meng-handle wisatawan cruise ini. Manajer Operasional Lestari Budaya Bali Transport, Nengah Suastika mengatakan dalam meng-handle wisatawan cruise ini perlu dipersiapkan armada khusus untuk melayani wisatawan cruise yang turun di Pelabuhan Benoa dan selanjutnya melakukan tur di Bali.

Armada angkutan wisata untuk melayani wisatawan cruise hampir mirip dengan armada unuk melayani wisatawan MICE. Permintaan armada ini bervariasi sesuai kebutuhan penumpang cruise. Ia menjelaskan, wisatawan cruise ini secara umum datang dalam jumlah banyak. Ini mendorong permintaan armada untuk wisatawan cruise lebih banyak memakai armada besar mini bus dan bus.

Dipaparkannya, ada juga wisatawan cruise yang berkeinginan tur secara private/couple. Mereka akan disiapkan armada khusus dalam mobil dengan kapasitas kecil.  Dikatakannya, wisatawan cruise ini memiliki banyak pilihan untuk kegiatan tur. Rute tur disiapkan objek atau destinasi wisata di Bali yang sudah dikenal dan diminati wisatawan cruise.

Ia menilai, armada untuk wisatawan cruise ini memiliki standar yang baik. Standar keamanan dan kenyamanan kendaraan menjadi prioritas utama.
Menurutnya, pelayanan armada untuk wisatawan MICE tidak beda dengan layanan untuk wisatawan cruise. Standar umur kendaraan maksimal 5 tahun. (kup)