Bangli (Bisnis Bali) – Produk unggulan dari kelompok tani Mertha Buana adalah pupuk organik plus, Bio-Paeni dan Bio-Pf. Penggunaan kombinasi ketiga produk ini telah terbukti berhasil menekan perkembangan penyakit tular tanah (phitoptora, layu fusarium, layu bakteri, antrak, dan lainnya) pada tanaman bawang dan cabai, serta mampu meningkatkan produktivitas dan daya tahan tanaman bawang merah dan cabai.

“Produk ini kami buat untuk mempermudah petani serta menekan perkembangan penyakit yang biasanya muncul pada tanaman petani,” ungkap Wayan Witarsana, Ketua Kelompok tani Mertha Buana.

Lanjutnya, aplikasi kombinasi ketiga produk ini juga mampu menekan penggunaan pestisida kimia sehingga dapat menghemat biaya produksi. Di samping itu, dengan mengurangi penggunaan pestisida kimia, diharapkan dapat memperbaiki struktur dan mengembalikan kondisi tanah sehingga program pertanian yang berkelanjutan dan ramah lingkungan dapat tercapai.

Pupuk organik plus trichoderma, Biopestisida, pestisida nabati dan produk buatan kelompok tani Merba ini dibuat dan dikemas sendiri dengan menggunakan bahan baku lokal setempat. Kelompok tani Merba senantiasa berusaha untuk memudahkan petani dalam mengatasi permasalahannya terkait  (ita)