Semarapura (Bisnis Bali) – Pemerintah Kabupaten Klungkung  menggelar Pekan Olahraga dan Seni Pelajar (Porsenijar) tahun 2018. Pembukaan Porsenijar berlangsung di Lapangan Puputan Klungkung, ditandai dengan pelepasan puluhan balon ke udara oleh Pj. Bupati Klungkung I Wayan Sugiada, didampingi Wakil Ketua DPRD Klungkung Nengah Arianta, Ketua KONI Wayan Subamia, Kapolres Klungkung AKBP Bambang Tertianto dan Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Nyoman Mudarta, Kamis (1/3) lalu.

Acara pembukaan yang diikuti para pelajar tingkat SD, SMP, SMA/SMK se-Kabupaten Klungkung ini diawali dengan atraksi olah raga bela diri tarung drajat, marching band serta baleganjur yang dipersembahkan SMKN 1 Klungkung, SMPN 2 Semarapura dan SMPN 1 Semarapura. Kemudian parade kontingen atlet dari seluruh kecamatan. Khusus atlet yang berasal dari kecamatan Nusa Penida disiapkan tempat menginap di SDN 1 Dawan Klod, SDN 2 Dawan klod dan SMPN 1 Dawan.

Dalam amanatnya, Pj. Bupati Wayan Sugiada mengatakan untuk menghasilkan atlet berprestasi harus dilandasi dengan pembangunan pondasi yang kuat. Mulai dari yang paling dasar yaitu keluarga kemudian dilanjutkan ke lingkungan sekolah. Karena sekolah merupakan tempat yang paling strategis berkumpulnya para calon atlet dan seniman. Kepada seluruh komponen, Sugiada mengingatkan supaya terus melakukan inovasi dalam pengembangan seni dan olah raga, serta melaksanakan program secara terukur dan terencana.        (dar)