Motif Kembang Mendominasi Permintaan Jasa Pasang Batu Sikat

56
Salah satu motif kembang yang diminati masyarakat (wid)

Negara (Bisnis Bali) – Penggunaan batu sikat pada halaman kian menjadi pilihan masyarakat saat ini. Selain menambah keindahan dengan batu-batu alam ini, penggunaan batu sikat juga memberikan kesan seni dengan berbagai motif yang dipasangkan. Untuk saat ini motif kembang (bunga) mendominasi permintaan.

Salah seorang pengusaha batu sikat di Jembrana, Eka Arya Ambara, Jumat
(2/3), mengatakan, saat ini kebanyakan konsumen meminta motif yang sederhana atau standar, salah satunya yaitu motif bunga-bunga. Menurutnya motif ini memberikan banyak warna, sehingga menambah keindahan pemandangan khususnya halaman. “Kebanyakan masyarakat menyerahkan desain ke kami. Permintaannya pun tidak terlalu neko-neko,” katanya.

Dengan demikian, dia mengaku lebih mudah memberi pelayanan kepada
konsumen, dengan motif yang sudah disediakannya dan sudah disesuaikan
dengan kondisi halaman, membuat pekerjaan cepat selesai dengan hasil
yang maksimal. Tidak hanya untuk rumah tangga, beberapa pelanggannya juga dari instansi pemerintahan dan sebagainya.

Dia juga mengatakan, meskipun ekonomi cenderung lesu saat ini, permintaan jasa pasang batu sikat di tempatnya masi tetap ada.

Berbagai pilihan motif juga disediakannya seperti, minimalis dengan motif ulatan tikar, dan motif minimalis tiga dimensi. Namun demikian, diakuinya pilihan konsumen yang lebih kepada motif standar dan tidak tidak ribet. “Sebenarnya yang minimalis itu lebih susah pengerjaannya, karena butuh ukuran per sisi. Namun pelanggan lebih suka yang standar,” ungkapnya.

Pemasarannya pun saat ini dilakukan melalui media sosial, selain juga mengoptimalkan pemasaran dari mulut ke mulut. Menurutnya, pemasarannya lebih ampuh dari mulut ke mulut, karena melihat langsung hasil pengerjaan.(wid)