Ketua DPRD Badung Terima Audiensi Paiketan Krama Bali Bangun Persepsi Ikut Majukan Kebudayaan Bali

30
istPAIKETAN - Pimpinan DPRD Badung saat menerima audiensi pengurus Paiketan Krama Bali di ruang Ketua DPRD Badung, Kamis (3/1) kemarin.

Mangupura (Bisnis Bali) – Ketua DPRD Badung, Putu Parwata, didampingi Wakil Ketua DPRD Badung, Nyoman Karyana dan Made Sunarta, Kamis (1/3) menerima audiensi Paiketan Krama Bali (PKB). Dari pertemuan tersebut terkuak suatu pemahaman untuk membangun dan mempertahankan budaya Bali agar tetap ajeg. Hadir dalam kesepantan tersebut  dari pihak Paiketan Krama Bali, Direktur Eksekutif PKB Nyoman Mertha didampingi sejumlah pengurus paiketan.

Nyoman Mertha mengungkapkan, kedatangan pengurus Paiketan Krama Bali ini adalah untuk memohon dukungan kepada Ketua DPRD Badung, Putu Parwata terkait acara yang akan diselenggarakan oleh pihak paiketan.  “Kami akan melakukan kegiatan lomba seni dan budaya yang bertajuk Arjuna zaman now yakni sejumlah lomba yang berhubungan dengan kreasi digital untuk anak muda di Bali. Kami harapkan dukungan pihak Dewan Badung membantu serta men-support acara ini nantinya,” ujarnya.

Ketua Departemen Pariwisata, I Made Ramia Adnyana mengatakan, selain kegiatan untuk para generasi muda, paiketan ini juga akan menyiapkan kegiatan untuk berterima kasih kepada sejumlah komponen yang telah berkontribusi  membangun Bali hingga seperti saat ini. “Kegiatan itu bertajuk Suksma Bali, nanti dalam kegiatan ini kami akan mengadakan workshop, simposium serta memberikan penghargaan atau apresiasi sejumlah tokoh pariwisata, budayawan dan lainnya karena sudah membangun Bali hingga menjadi seperti ini. Namun kegiatan yang dalam waktu dekat akan kami selenggarakan adalah kegiatan lomba untuk generasi muda yakni dalam berkreasi membuat blog, poster ajaran Hindu, video darmawacana gaul serta aplikasi testimoni Trisandya,” paparnya.

Lebih lanjut dikatakan, paiketan ini adalah sekumpulan orang yang peduli akan nasib Bali ke depan. “Kami bukan saingan pemerintah namun kami adalah mintra pemerintah dalam memikirkan serta mmberikan solusi, pemberdayaan masyarakat Bali. Kami selaku pengurus berterima kasih atas dorongan positif Bupati Badung atas kegiatan yang akan kami selenggarakan ini,”paparnya.

Sementara Ketua DPRD Badung,  Putu Parwata mengatakan, pihaknya mendukung kegiatan Paiketan Krama Bali dalam melaksanakan kegiatan untuk memajukan Bali. “Kami sangat mengapresiasi atas semangat serta inovasi yang dilakukan masyarakat Bali kususnya di Paiketan Krama Bali ini. Kami siap men-support kegiatan yang akan dilakukan pihak paiketan, apalagi banyak tokoh Bali yang tergabung dalam paiketan ini. Saya bangga apa yang dilakukan krama Bali serta membangun komunikasi dengan pemerintah dengan sangat baik. Ini membuktikan inovasi dalam pemberdayaan masyarakat bisa terbangun oleh tiga komponen yakni pemerintah, Dewan dan masyarakat. Nmaun jangan dilakukan kegiatan ini setengah-setengah mari  kita samakan pikiran agar kegiatan ini bisa berkelanjutan,” paparnya. (ad0.264)