’’Ngenteg Linggih’’ di Pura Dah Kahyangan Gading Wani

47
Dalam kesempatan tersebut Gubernur Bali dan Bupati Eka juga melakukan persembahyangan dan memberikan sarin canang sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat.  (man)

Tabanan (Bisnis Bali) – Masyarakat Desa Pakraman Lalanglinggah, Selemadeg Barat, Tabanan mengadakan karya mlaspas, ngenteg linggih, memungkah, mupuk pedagingan, padudusan agung-manawan ratna, tawur balik sumpah di Pura Dang Kahyangan Gading Wani, Selasa (27/2). Acara tersebut dihadiri Gubernur Bali Made Mangku Pastika dan Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti. Turut hadir anggota DPRD Tabanan, Camat Selbar, dan tokoh masyarakat setempat.

Panitia kegiatan, Agus Riana mengatakan puncak acara karya iakan berlangsung pada 2 Maret mendatang. Dirinya menjelaskan untuk  karya ini dana didapatkan melalui urunan krama pangemong, bantuan pemerintah, dana punia dan sumber lainnya.

“Puncak karya akan dilaksanakan Jumat mendatang. Untuk dana karya ini didapatkan dari urunan krama pangemong sebanyak 225 KK, olih-olihan saking pelaba pura, bantuan pemerintah, punia dan usaha lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Bali memberikan apresiasinya kepada warga Lalanglinggah karena telah menyelenggarakan karya. Dikatakannya dalam menjalankan karya harus didasari rasa tulus ihklas. Dirinya berharap karya ini dapat memberikan motivasi dan inspirasi serta makna yang dalam  ke diri masing-masing dalam menjalankan hidup ke depan.

“Saya sangat bangga dan gembira karena masyarakat bisa melaksanakan upacara yang sangat penting. Saya harap upacara ini dapat memberikan makna, semoga karya yang dilaksanakan dapat  memberi inspirasi dan motivasi, ketenangan jiwa, keteguhan batin untuk melanjutkan swadarma kita sebagai krama, sebagai warga negara yang baik. Kehidupan beragama harus memberikan arti penting dan berguna bagi kehidupan sehari-hari,”  katanya. (man)