Miliki Potensi Perkebunan, Desa Munduk Temu Kembangkan Desa Wisata

124

Tabanan (Bisnis Bali) – Desa Munduk Temu, Kecamatan Pupuan kian mantap untuk mengembangkan ekonomi masyarakat setempat melalui pengembangan desa wisata. Memiliki potensi alam yang alami dan sejumlah sentra pengembangan produksi perkebunan, jadi pertimbangan salah satu daerah di Kabupaten Tabanan ini untuk melirik pengembangan sebagai desa wisata.

Prebekel Desa Munduk Temu, I Nyoman Wintara, di Tabanan, belum lama ini mengungkapkan, kian serius untuk mengembangkan Munduk Temu sebagai desa wisata saat ini. Akuinya, sebelumnya memang pengembangan ekonomi desa sebagai tempat wisata sempat disambut pisimis oleh masyarakat, karena dinilai identik dengan kemewahan.

“Namun setelah saya jelaskan, dimana untuk menjadi desa wisata tidak mutlak diperlukan sarana pendukung yang mewah, dan memperlihatkan vidio hasil dari melakukan studi banding ke Malang terkait hal sama, maka respon masyarakat mulai antusias untuk menghujudkan Desa Munduk Temu sebagai desa wisata,” tuturnya.

Jelas Wintara, ingin mengembangkan desa wisata Munduk Temu sesuai potensi yang ada selama ini. Katanya, hanya dengan bermodalkan asli dari potensi alam Munduk Temu dan kebersihan lingkungan, optimis bisa menjadi modal besar untuk menghujudkan desa wisata.

“Saya ingin menghadirkan desa wisata Munduk Temu apa adanya. Salah satunya kebersihan dari sampah pelastik, temasuk pembuatan home stay yang sederhana, dan menonjolkan sejumlah hasil komoditi perkebunan yang banyak terdapat di Munduk Temu,” ujarnya. (man)