Jaya Negara “Ngerindik” Buka Pameran Inovasi HUT Ke-230 Tampilkan Berbagai Inovasi Pelayanan Publik Setiap OPD

20
PLT Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara saat meninjau Pameran Inovasi Pelayanan Publik Kota Denpasar di Taman Kota Lumintang Selasa (27/2).

Denpasar (Bisnis Bali) – Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar kembali menggelar Pemeran Inovasi dan Pelayanan Publik  yang dimiliki setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan rangkaian peringatan HUT ke-230 Kota Denpasar Selasa (27/2), yang di buka Plt. Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara yang ditandai dengan Ngerindik.

‘’Yang paling penting pameran ini juga melibatkan partisipasi masyarakat. Berbagai inovasi telah ditampilkan dalam pameran ini seperti mengelola sampah plastik menjadi nilai produk  yang bernilai jual tinggi,’’ ujar Jaya Negara.

Lebih lanjut dikatakan, terkait inovasi yang dipamerkan dan diciptakan masyarakat Pemkot Denpasar akan melakukan pembahasan dengan anggota DPRD Kota Denpasar, sehingga dapat menjadi sarana pemasaran inovasi yang diciptakan. Hal ini lantaran berbagai inovasi yang telah diciptakan oleh masyarakat seperti tempat buah, tempat bunga dan lain sebagainya memiliki nilai ekonomis dan bermanfaat bagi masyarakat. “Kami akan segera mencarikan pasar untuk menjual inovasi yang telah diciptakan masyarakat,” ujarnya.

Jaya Negara menambahkan, bahwa pameran inovasi ini juga sangat bermanfaat bagi masyarakat karena dapat memberikan berbagai informasi yang di ciptakan OPD Pemkot Denpasar seperti halnya lalu lintas Kota Denpasar, Tatacara pengurusan ijin, Pengembangan Bibit ikan dan lain sebagainya.

Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara  mengatakan, pameran inovasi ini mengangkat tema ‘’Inovasi dan kreativitas menuju pelayanan prima’’. Pameran yang diikuti 90 peserta merupakan agenda rutin tahunan, dengan melibatkan segenap OPD dilingkungan Pemerintah Kota Denpasar termasuk juga Perusahaan Daerah Kota Denpasar. Hal ini diharapkan dapat menginformasikan pelayanan dan inovasi terbaru yang dimiliki baik UKM kepada masyarakat.  ‘’Masyarakat kami harapkan dapat  mengunjungi pameran inovasi ini sehingga mengetahui dan melihat secara langsung berbagai inovasi yang diciptakan Pemkot Denpasar dalam meningkatkan pelayanan,’’ ujarnya sambil menyebut‎ yang paling penting dalam pameran tahun ini diresmikan beberapa program baru seperti Dama Mandala dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, serta Sistem Informasi Rekomendasi Online (Sirekon) dari Badan Kesatuan Bangsa dan politik Kota Denpasar.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Denpasar Dewa Made Agung selaku Ketua Panitia menambahkan, acara ini bertujuan untuk mengkomunikasikan dan menginformasikan beragam program, kegiatan dan layanan pemerintah untuk masyarakat. Hal ini penting untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan pemerintah semakin baik ke depannya.

Selain pameran dari OPD, acara juga akan diisi dengan berbagai hiburan musik dan pertunjukan tradisional. Beberapa artis kenamaan Bali siap menghibur masyarakat dalam acara ini, seperti KIS Band, Clekontong Mas, Ayu Maenah, dan masih banyak lagi. Selain itu acara ini juga akan semakin dimeriahkan dengan stand-stand kuliner serta UMKM Kota Denpasar. (ad 0.248)