Hadapi Persaingan, BPR mesti Perkuat SDM Berkualitas

42

Mangupura (Bisnis Bali) – 2018 bank perkreditan rakyat (BPR) memang akan menghadapi persaingan ketat antara lembaga keuangan dan perbankan. Wakil Ketua DPD Perbarindo Bali, AA. Ngurah Sudiptha Panji Selasa (27/2) mengatakan BPR mesti diperkuat dengan sumber daya manusia (SDM) berkualitas.

Direktur Utama PT BPR Sari Wira Tama mengungkapkan BPR di Bali wajib mendorong peningkatakan kualitas SDM BPR. Peningkatan kualitas SDM ini dilakukan dengan mengikutsertakan SDM BPR dalam kegiatan pelatihan dan sertifikasi kompetensi.
Ia menjelaskan dengan tenaga kerja berkualitas BPR akan memiliki daya saing. SDM BPR akan mampu berkompetensi. SDM berkualitas ini akan memudahkan BPR dalam melakukan fungsi intermediasi baik dalam menggaet dana pihak ketiga (DPK) maupun dalam melempar kredit.

Dipaparkannya, SDM BPR akan mampu
masuk dalam celah – celah penjualan. BPR harus bisa menjanjikan layanan penguatan usaha masyarakat maupun sektor UMKM diantaranya melalui kredit modal kerja. Ini akan memberikan keuntungan bagi BPR.
Lebih lanjut dikatakannya, di samping penguatan SDM, BPR juga harus melakukan penguatan dari sisi produk. BPR harus bisa menciptakan produk yang kreatif agar bisa bersaing.

Menurutnya, untuk menghindari penyelewengan pengelolaan BPR pengawasan yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pengawasan pengelolaan keuangan dari SDM BPR ini akan mendorong BPR melakukan perbaikan secara  internal. (kup)