Denpasar (Bisnis Bali) – Pemkot Denpasar melalui Tim Budi Daya Perikanan dan Ketahanan Kota Denpasar secara rutin melaksanakan kegiatan penebaran benih ikan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat dan pelestarian budi daya ikan.

”Seperti belum lama ini dilaksanakan penebaran benih ikan di kolam milik Desa Pekraman Peguyangan dan melakukan penebaran benih ikan nila sejumlah 6.000 ekor guna meningkatkan jumlah produksi ikan yang terdapat di kolam yang dikelola Desa Pekraman Peguyangan, serta untuk pelestarian sumber daya ikan,” ungkap Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar, Ir. AAG Bayu Brahmasta, M.Ma., didampingi Kabid Pengelolaan Budi Daya, Drh. Luh Suri Urpini dan Kepala UPT BBI, I Wayan Sugasta baru-baru ini di Denpasar.

Menurutnya, seperti kegiatan penebaran benih ikan nila belum lama ini dilakukan langsung Kepala Bidang Pengelolaan Budidaya Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar dan Kepala UPT BBI I Wayan Sugata beserta staf  memberikan secara simbolis 6.000 benih ikan nila kepada Jero Bendesa Desa Pekraman Peguyangan untuk dapat ditebar pada kolam yang di kelola Desa Pekraman Peguyangan. Bahkan, Jero Bendesa Desa Pekraman Peguyangan sangat antusias dalam pelaksanaan kegiatan penebaran benih ini. Berharap Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar dapat secara rutin dan terjadwal melakukan kegiatan penebaran benih ikan ini (re-stocking).

Wayan Sugasta juga mengharapkan dengan dilakukannya re-stocking secara rutin dapat meningkatkan jumlah hasil tangkapan untuk konsumsi bagi masyarakat yang memiliki hobi memancing dan untuk mengurangi perkembangan jentik nyamuk pada perairan tergenang. (ad 0.244)