Tinggi, Minat Pelaku Usaha Urus IUMK

25

Denpasar (Bisnis Bali) – Pendataan jumlah pelaku usaha mikro dan kecil di seluruh Kota Denpasar terus bergulir. Salah satunya di Kecamatan Denpasar Utara, dari mulai ada aturan setiap pelaku usaha wajib mencari izin usaha mikro kecil (IUMK) sudah banyak masyarakatnya datang dan langsung memproses izin. Selain tanpa dipungut biaya, juga pelayanannya sangat instan. Jika persyaratan lengkap, hanya perlu waktu satu hari sudah selesai.

Camat Denpasar Utara, I Nyoman Lodra, Rabu (21/2) menjelaskan, minat pelaku usaha mikro dan kecil ingin memiliki izin usaha cukup besar. Namun demikian, dilihat dari fungsinya pemilik usaha mikro dan kecil hanya untuk mencari pendampingan dana. Di antaranya untuk melengkapi persyaratan untuk mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR). ”Untuk memproleh KUR salah satu persyaratannya adalah memiliki IUMK. Maka itu, pelaku usaha mikro dan kecil mencarinya karena untuk persyaratan tersebut,” katanya.

Nyoman Lodra terus mensosialisasikan dengan memberikan informasi bahwa setiap pelaku usaha wajib dilengkapi dengan izin. Karena izin merupakan legalitas usaha. Di samping itu, setiap usaha yang sudah mengantongi izin lebih dipercaya masyarakat. (sta)