’’Marketplace’’ Dukung Pemasaran Produk UMKM secara ’’Online’’

955
Usaha Mikro Kecil dan Menengah untuk memasarkan produknya secara online dengan pembukaan dan peresmian pusat e-commerce di gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Bedulu, Selasa (20/2).(kup)

Gianyar (Bisnis Bali) – Pemerintah Kabupaten Gianyar bersinergi dengan PT Bank Negara Indonesia membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah untuk memasarkan produknya secara online dengan pembukaan dan peresmian pusat e-commerce di gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Bedulu, Selasa (20/2).

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI dan Pemerintah Kabupaten Gianyar telah meluncurkan Pusat e-commerce Gianyar untuk mendukung pemasaran produk-produk UMKM. Pembukaan situs online dengan Portal gianyarbaliartworks.com ini merupakan salah satu bentuk sinergi antara BNI dan Pemerintah Kabupaten Gianyar untuk meningkatkan akses pelaku UMKM ke jalur pemasaran secara online atau e-commerce, sehingga akan membantu para pelaku usaha tersebut mengembangkan pasar bagi produk-produknya.

Acara launching yang dipusatkan di Gedung PLUT – KUMKM tersebut ditandai dengan aktivitas online shopping yang dilakukan secara langsung oleh Bupati Gianyar. E-commerce yang diluncurkan ini nantinya akan dikelola oleh Pusat e-Commerce Gianyar yang dibina oleh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Gianyar.

Pemimpin BNI Kantor Wilayah Bali NTB & NTT Putu Bagus Kresna menyampaikan bahwa kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Gianyar juga meliputi pemanfaatan fasilitas jasa dan layanan perbankan, seperti pembiayaan KUR untuk UMKM, fasilitas Cash Management, Branchless Banking (Keagenan/Laku Pandai), Penerimaan Pajak dan Penerimaan Daerah lainnya secara online serta pengelolaan aktivitas jasa dan keuangan lainnya.

“BNI tidak hanya membantu dari sisi pemasaran saja tetapi kami juga menyiapkan akses permodalan bagi UMKM yang ada,” ungkapnya.
Beberapa produk yang akan dipasarkan melalui situs online ini tidak hanya produk-produk yang dihasilkan pelaku UMKM di Gianyar, seperti kerajinan, tenun ikat (endek), suvenir, furniture, tas, busana, tetapi juga akan menampilkan obyek wisata serta atraksi budaya unggulan, travel wisata, transportasi, makanan oleh-oleh, dan lainnya. (kup)