Desa Tibubeneng Dinilai Tim Lomba Desa Tingkat Kabupaten

18
istPENILAIAN - Bupati Badung Nyoman Giri Prasta menghadiri penilaian Desa Tibubeneng yang merupakan wakil dari Kecamatan Kuta Utara dalam lomba desa tingkat kabupaten Selasa (20/2) kemarin.

Mangupura (Bisnis Bali) – Pemerintah Desa Tibubeneng, Kuta Utara, Selasa (20/2) kemarin dinilai oleh tim kabupaten dalam evaluasi  perkembangan Lomba Desa Tingkat Kabupaten Badung. Desa Tibubeneng merupakan wakil dari Kecamatan Kuta Utara dalam lomba desa tingkat kabupaten.

Perbekel Desa Tibubeneng Made Kamajaya mengatakan, sebagai peserta lomba desa tahun 2018, berbagai program terobosan telah dilaksanakan pihak desa, seperti pengembangan BUMDes dengan merancang unit usaha baru yakni bisnis periklanan, pembuatan money changer dan membentuk pos keamanan terpadu yang bersinegi antara petugas Linmas, Kepolisian dan TNI untuk mengamankan seluruh kawasan Desa Tibubeneng maupun investasi-investasi yang ada di Desa Tibubenteng.

“Kami juga mempersiapkan SDM anak-anak kami dengan menyekolahkan mereka, terutama anak-anak yang kurang mampu melanjutkan sekolahnya dengan menyekolahkan gratis sampai jenjang diploma 1. Selain itu pembinaan  untuk masyarakat juga kita lakukan yakni berupa pemberian pembinaan terutama penguatan adat dan budaya,”ujarnya.

Sementara Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta mengatakan, penilaian dan evaluasi terhadap pembangunan desa ini sama dengan lomba desa. Kegiatan ini nantinya memberikan peluang desa untuk maju dalam pelayanan, pemberdayaan dan pembangunan di segala lini. ”Badung saat ini sudah memasuki tatanan smart public. Desa cerdas gunakan IT untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dengan konsep Desa Berdikari yakni  desa yang berdiri di atas kaki sendiri,”ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, ke depan untuk meningkatkan perekonomian di desa, pihaknya akan memberikan penguatan modal kepada desa untuk melakukan usaha. “Dengan prinsip menjadi tuan di rumah sendiri, Pemerintah Kabupaten Badung sedang melakukan tahapan dalam meringankan beban masyarakat Badung seperti menjalankan program kesehatan gratis,  pendidikan gratis, kegiatan adat juga dibantu sehingga kebutuhan pokok masyarakat ini sudah terlaksana dengan baik, maka kami fokus melakukan pendidikan karakter yang baik dan benar,” ujarnya. (ad0.223)