Rampung Direnovasi, Rumjab Sekkab Badung Di-”pelaspas”

34
istPELASPAS - Rumah jabatan Sekkab Badung, Wayan Adi Arnawa. Setelah dilakukan sedikit renovasi, bangunan rumah yang terletang di Jalan Praja, Dalung, Kuta Utara tersebut, Kamis (15/2) dipelaspas. 

Mangupura (Bisnis Bali) – Bekas rumah jabatan Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta kini ditempati oleh Sekkab Badung, Wayan Adi Arnawa. Setelah dilakukan sedikit renovasi, bangunan rumah yang terletak di Jalan Praja, Dalung, Kuta Utara tersebut, Kamis (15/2) dilakukan upacara  pemelaspasan   dan pecaruan oleh pihak Pemkab Badung melalui Dinas Kebudayan Kabupaten Badung. Hadir dalam upacara tersebut Sekkab Badung, Wayan Adi Arnawa, Ketua Gatriwara, Ny. Ayu Parwata, Kepala OPD Pemerintah Kabupaten Badung beserta sejumlah pegawai di Pemkab Badung.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung, IB Anom Bhasma mengungkapkan, upacara pemelaspasan ini di-puput oleh Ida Peranda Gde Buruan Manuaba Griya Pesraman Darmasaba Badung. Kegiatan ini adalah pemelaspasan alit dan pecaruan memakai lima ayam brumbun dan hitam, serta bebangkit. ”Upacara ini dilakukan adalah wujud bakti umat kepada sang penciptannya serta kita sebagai umat Hindu di Bali percaya dengan melakukan upacara ini bisa memberikan aura positif bagi para penghuni yang menempati rumah ini dalam melaksanakan aktivitas sehari-harinya,” ujarnya. Usai melaksanakan upacara pemelaspasan, acara persembahyangan bersama juga dilakukan  untuk memohon kerahayuan ke hadapan Ida Bhatara yang berstana di pemerajan rumah jabatan tersebut.

Sementara Sekkab Badung Wayan  Adi Arnawa usai melaksanakan persembahyangan bersama mengatakan, apa yang menjadi tujuan dari pelaksanaan upakara dan upacara pemelaspasan ini adalah untuk memohon kerahayuan dan keselamatan ke hadapan Ida Sang Hyang Widi Wasa. “Saya dan keluarga akan menempati rumah jabatan ini sepanjang menjalankan aktivitas saya sebagai Sekretaris Pemerintah Kabupaten Badung dan upacara ini perlu dilakukan selaku umat Hindu di Bali bila menempati tempat yang baru direnovasi. Saya berharap dengan penempatan dan penggunaan rumah jabatan ini bisa memberikan suasana baru dan kenyamanan dalam beraktivitas dan kerja kami untuk mewujudkan program-program yang telah menjadi visi dan misi Bupati Badung  dan Wakil Bupatinya,” jelasnya. (ad0.201)