Berikan Layanan Maksimal, Koperasi ”Diburu” Anggota

50
LAYANAN - Anggota sangat menginginkan pelayanan maksimal dari pengurus selaku pengelola koperasi.

Koperasi sejatinya dibuat, dikelola dan hasilnya untuk anggota. Maka itu, anggota merupakan segalanya. Terbukti koperasi yang memberikan pelayanan prima kepada anggota akan terus diburu anggota baru. Lantas apa saja bentuk pelayanan yang diinginkan anggota koperasi?

 SARI ANI, karyawati perusahaan biro perjalanan Tour East mengakui, sebelum memutuskan menjadi anggota koperasi terus mencari informasi tentang kinerja pengurus. Koperasi jumlahnya banyak, tetapi yang benar-benar memberikan layanan prima kepada anggota hanya beberapa dari jumlah yang ada. Pihaknya mengakui jika banyak ajakan untuk membuat koperasi baru. Sari Ani selalu mempertimbangkan siapa yang akan mengelola dan apa mungkin mampu memberikan pelayanan yang baik kepada anggot.

”Selama ini saya selalu mengejar informasi bila ada koperasi yang benar-benar memberikan pelayanan baik kepada anggota. Saya berharap hanya yang utama pelayanan, kemudian baru keuntungan materi dan lainnya. Ternyata banyak juga koperasi yang sudah mampu memberikan pelayanan bagus kepada anggota. Hanya jika dibandingkan jumlah koperasi secara keseluruhan, persentasenya masih kecil,” ujarnya.

Hal senada diakui seorang pedagang sembako di Denpasar, Ibu Sri yang sudah menjadi anggota di beberapa koperasi. Namun dia hanya aktif pada satu koperasi yang dirasakan memberikan manfaat maksimal. Di antaranya memberikan pelayanan prima, memberikan bunga pinjaman rendah dan memberikan informasi perkembangan koperasi dengan bagus.

”Yang diinginkan anggota koperasi sebenarnya cukup simpel. Setiap membutuhkan dana dapat cepat dilayani dengan beban bunga pinjaman rendah. Itu saja, dan yakin anggota akan memburu koperasi tersebut,” katanya.

Walau baru menjadi anggota koperasi simpan pinjam, dia mengaku sudah banyak manfaat yang dirasakan. Setiap masalah modal langsung dapat teratasi melalui koperasi yang dia miliki. (sta)