Denpasar (Bisnis Bali) – Komitmen Pemkot Denpasar dalam memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat secara berkesinambungan terus ditingkatkan. Kali ini, masyarakat Kota Denpasar dapat menikmati berbagai jenis layanan publik yang berada dalam satu atap yang dikemas dalam Mal Pelayanan Publik (MPP) Sewaka Dharma Kota Denpasar. Layanan yang merupakan pengembangan dari Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Denpasar ini secara resmi telah dilaunching oleh Deputi Pelayanan Publik Kemen PAN-RB, Diah Natalisa, Senin (12/2) lalu.

Sehari setelah di-launching belum lama ini, masyarakat tampak antusias memanfaatkan Mal Pelayanan Publik pertama di Bali ini. Pelayanan perpanjangan Surat Ijin Mengemudi (SIM) menjadi yang paling dinanti. Salah seorang masyarakat, Nyoman Wirya asal Badung yang bekerja di Kota Denpasar mengatakan bahwa adanya MPP di Kota Denpasar ini tentunya memberikan kemudahan kepada masyarakat. Hal ini dikarenakan masyarakat dapat menikmati berbagai layanan pubilk dalam satu atap. “Saya sangat mengapresiasi adanya layanan publik satu atap ini, jadi masyarakat bisa dipermudah seperti saya yang kerja di kawasan Lumintang dapat mengurus perpanjangan SIM dengn cepat,” paparnya.

Kadis DPMPTSP Kota Denpasar, I Made Kusumadiputra ketika diwawancarai mengatakan bahwa saat ini MPP Sewaka Dharma Kota Denpasar secara keseluruhan memberikan fasililitas 154 jenis terdiri dari 12 sektor perijinan dan non perizinan yang berada di bawah naungan DPMPTSP Kota Denpasar.

Selain itu,  MPP Sewaka Dharma turut memberikan fasilitas 41 jenis layanan dari instansi vertical. Adapun  yang dimaksud instansi veritikal meliputi Kepolisian Republik Indonesia yang melayani perpanajangan SIM A dan C, SKCK dan surat keterangan kehilangan, Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Perusahaan Listrik Negara (PLN), Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Denpasar, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Kantor Pajak, Imigrasi, dan Badan Pertanahan Nasional. (sta)