Denpasar (Bisnis Bali)- Hari Valentine atau hari kasih sayang selalu identik dengan warna pink. Warna pink melambangkan kelemahlembutan, peduli dan romantis, sehingga warna ini kerap digunakan untuk menunjukkan rasa peduli dan kasih sayang di hari Valentine.

Memberikan hadiah bernuansa pink menjadi tradisi pada hari kasih sayang, termasuk menggunakan busana bernuansa pink  banyak dilakukan oleh kaum remaja. Tradisi ini membuat permintaan busana pink pada hari kasih sayang mengalami peningkatan.

Erlin Candra, pemilik Super Fashion Man and Woman, mengatakan, permintaan busana pink cukup tinggi sejak seminggu sebelum Valentine. Karena hal tersebut sudah tradisi sehingga pihaknya selalu menambah stok busana pink.

“Untuk menarik konsumen, kami sengaja memajang busana dengan model terbaru yang sedang tren. Karena dengan milihat etalase, sangat menarik bagi konsumen,” tuturnya. Meski demikian diakui Valentine tahun ini ada penurunan penjualan dibandingkan tahun lalu.

“Kondisi ekonomi yang belum pulih dan erupsi gunung Agung ternyata sangat besar pengaruhnya terhadap penjualan. Dibandingkan tahun lalu terjadi penurunan, sekitar 20 persen,” tuturnya. Selain itu persaingan juga semakin ketat dengan adanya bisnis online, yang semakin menjamur. (pur)