Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan Dimulai dari Kampus 

463
 Menteri Koperasi dan UMKM, Puspayoga saat meresmikan Koperasi dan Wirausaha Unwar (pur)

Denpasar (Bisnis Bali) – Ekonomi kerakyatan menjadi tulang punggung penggerak perekonomian bangsa yang terbukti bisa bertahan di tengah perlambatan ekonomi. Karenanya ekonomi kerakyatan harus terus didorong pertumbuhannya.

Sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi kerakyatan, Menteri Koperasi dan UMKM, AA Ngurah Gede Puspayoga, berharap besar pada universitas. Hal tersebut disampaikan usai meresmikan Koperasi dan Wirausaha Universitas Warmadewa, Rabu (14/2).

Menteri Puspasari berharap kampus dapat menjadi pelopor dan penggerak kebangkitan ekonomi kerakyatan. “Universitas selama ini memang diharapkan mampu menumbuhkan jiwa entrepreneur di kalangan mahasiswa. Dengan jiwa entrepreneur tersebut akan lahir pengusaha muda yang tentunya akan dimulai dari usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang merupakan bagian dari ekonomi kerakyatan yang kita harapkan terus berkembang,” papar Menteri Puspayoga.

Selain menumbuhkan jiwa entrepreneur tersebut yang menjadi cikal-bakal tumbuhnya UMKM, universitas saat ini memang didorong untuk membangun koperasi yang dapat menjadi tempat bagi para mahasiswa praktik langsung dalam  ekonomi kerakyatan yang sebenarnya.

 “Saat ini banyak universitas yang mulai membangun koperasi hingga menjadi koperasi besar, dan saya optimis universitas di Bali juga akan mampu membangun koperasi yang besar. Dan saya berharap dengan adanya koperasi di kampus, akan dapat bekerja sama dalam memasarkan produk hasil dari UMKM,” harapnya. (pur)