Pemkab Gianyar Gelontorkan Bantuan Truk Kebersihan

532
Wakil Bupati Gianyar menyerahkan bantuan berupa truk kebersihan kepada Kepala Desa Celuk. (kup)

Gianyar (Bisnis Bali) – Pemkab Gianyar kembali menggelontorkan bantuan truk kebersihan. Setelah sebelumnya beberapa desa di Kabupaten Gianyar mendapat bantuan serupa, kali ini bantuan truk kebersihan diberikan kepada Desa Celuk, Sukawati. Bantuan ini diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Gianyar, I Made Mahayastra dan diterima Kepala Desa Celuk, I Wayan Mudiana, Minggu (11/2) lalu.

Wabup Mahayastra mengatakan, program pemberian truk kebersihan dicanangkan Pemkab Gianyar merupakan upaya untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan. Sebelum dihibahkan, truk kebersihan ini sebelumnya diuji coba dulu dalam pengelolaannya selama dua tahun.
Selanjutnya, truk kebersihan tersebut akan dikelola oleh Desa Celuk dan diuji coba selama dua tahun sebelum dihibahkan. Ini baik untuk pemenuhan biaya operasional termasuk biaya perawatan kendaraan.

Ia menjelaskan jika selama kurun waktu dua tahun, pengelolaannya yang dilakukan desa berhasil selanjutnya truk kebersihan ini akan dihibahkan. Begitu juga sebaliknya, jika desa penerima bantuan tak mampu mengelola bahkan mandeg, bantuan truk kebersihan ini selanjutnya akan ditarik.

Dipaparkannya, konsep penanganan kebersihan itu harus berasal dari diri sendiri. ” Program pemerintah hanya untuk membangkitkan rasa memiliki dan partisipasi warga sehingga Pemkab Gianyar menggelontorkan truk kebersihan ini,” ucapnya.
Menurut Mahayastra, dalam menjaga kebersihan lingkungan jika hanya mengandalkan Pemerintah tidak akan mampu maksimal, sehingga dibutuhkan partisipasi aktif dari masyarakat. Hal ini dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang bersih, tak hanya di wilayah perkotaan namun juga sampai ke pelosok pedesaan.

Untuk mewujudkan hal tersebut, selain menggelontorkan bantuan truk kebersihan, Pemkab Gianyar juga telah merancang program  Pengelolaan Sampah Terpadu (PST). Program ini nantinya akan diluncurkan di tujuh kecamatan di Kabupaten Gianyar. Dari tujuh kecamatan tersebut, selanjutnya akan dilakukan evaluasi terhadap kesiapannya untuk ditetapkan sebagai pilot projek.  (kup)