Jamur Tiram Diolah Jadi Beragam Kuliner

25
 JAMUR – Olahan jamur yang cukup diminati di pasaran. (pur)

Denpasar (Bisnis Bali) – Jamur tiram memiliki kandungan gizi yang lengkap dan manfaat yang baik untuk kesehatan, membuat kuliner olahan jamur tiram digemari masyarakat. Jamur tiram dapat diolah menjadi berbagai produk kuliner, yang digemari semua kalangan termasuk anak-anak.

Proses budi daya jamur tiram yang tidak menggunakan pupuk kimia dan pestisida, membuat jamur tiram sebagai bahan pangan yang sangat sehat. Apalagi jamur tiram belakangan diolah menjadi berbagai produk kuliner yang menarik, membuat budi daya jamur tiram makin berkembang di Bali.

“Jamur Tiram belakangan banyak peminatnya, karena masyarakat mulai mengetahui manfaatnya. Karena itu, kuliner jamur tiram makin diburu,” kata Ni Wayan Purnami Rusadi, petani jamur tiram di Peguyangan Denpasar, Selasa (13/2).

Ia menambahkan, budi daya jamur tiram makin menjanjikan. Petani jamur tiram tidak perlu khawatir akan pasar. Bahkan, saat panen raya pun, para petani dapat melakukan pengolahan pascapanen seperti dijadikan jamur krispi, sosis dan nuget yang dapat bertahan lama.

Sementara itu, Wayan Murjana, petani jamur tiram asal Desa Baha, Mengwi, Bandung mengatakan, kandungan gizi jamur tiram sangat tinggi. “Manfaat mengonsumsi jamur tiram banyak di antaranya membantu menurunkan kolesterol, sebagai antibakterial dan antitumor, mengurangi risiko jantung lemah, mengatasi penyakit lever, membantu menyembuhkan diabetes, menghilangkan anemia, membantu sistem pencernaaan, dan mencegah timbulnya tumor. Jadi mulailah mengonsumsi jamur tiram tiap hari untuk kesehatan,” katanya. (pur)