Rai Mantra : Bedah Warung Kembangkan Ekonomi Kerakyatan Berdaya Saing

22
Wali Kota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra meresmikan bedah warung milik Purna Wirawan, di Jl. Gandapura III, Gang Prodong No.24X, Desa Kesiman Kertalangu, Dentim

Denpasar (Bisnis Bali) –  Program Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar dalam membantu ekonomi kerakyatan dilaksanakan melalui program Bedah Warung. Program ini bukan kali pertama dilaksanakan. Sudah menjadi program berkesinambungan dan tahun ini kembali diberikan kepada salah satu warung kuliner di Kesiman Kertalangu.

Wali Kota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, meresmikan langsung warung yang mendapatkan renovasi dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar, Sabtu (10/2) lalu.

Selain memberikan peningkatan kualitas fisik Warung Prodong milik Purna Wirawan, Jl. Gandapura III, Gang Prodong No.24X Desa Kesiman Kertalangu, juga mendapatkan pendampingan manajemen ekonomi.

Rai Mantra mengatakan, program Bedah Warung merupakan bentuk kepedulian Pemkot Denpasar dalam pengembangan sektor ekonomi mikro dan kerakyatan, sehingga diharapkan dari program ini mampu memberikan peningkatan  daya saing bagi ekonomi kerakyatan. “Program Bedah warung di Warung Prodong yang diresmikan ini merupakan pedagang  kuliner tradisional,’’ katanya. Selain diharapkan keberadaannya dapat ikut melestarikan resep warisan leluhur, juga diharapkan dalam penyajian masakannya bersih, sehat dan higienis.

Sementara Kadisperindag Kota Denpasar, Wayan Gatra mengatakan, program Bedah Warung Kota Denpasar telah dirintis sejak tiga tahun lalu. Selain renovasi fisik, untuk kepemilikan surat ijin usaha dapat diurus melalui kecamatan. “Warung tesebut juga harus memiliki prospek, di antaranya produk yang ditawarkan diminati konsumen. Selain juga dilihat dari kondisi warungnya yang memang perlu dibenahi, baik secara fisik maupun manajerialnya,” ujarnya. (sta)