Masyarakat harus Peka Lirik Peluang Usaha

8
UMKM - Wali Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra foto bersama dengan pelaku UMKM Kota Denpasar di Tukad Badung usai menyerahkan KUR secara simbolis.

Denpasar (Bisnis Bali) – Pemkot Denpasar terus berkomitmen meningkatkan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Hal ini terbukti dengan dilaksanakannya acara penyerahan Kredit Usaha Rakyat (KUR) secara simbolis oleh Wali Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra, belum lama ini di Taman Kumbasari Tukad Badung.

Pemberian KUR ini bekerja sama dengan Bank BPD Bali yang dihadiri oleh jajaran OPD di lingkungan Kota Denpasar, BPD Bali Cabang Denpasar, dan undangan para pelaku UMKM penerima KUR.

KUR pada dasarnya merupakan program berbasis pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah. Skema kredit ini diperuntukkan usaha yang layak dan produktif dengan pinjaman maksimal 500 juta dalam waktu 5 tahun.

Rai Dharmawijaya Mantra mengatakan, program pro-rakyat ini sangat meringankan masyarakat dalam dunia usaha. Selain mudah aksesnya, juga bunganya sangat kecil.  “Saya kira ini bunganya sangat rendah, 7 persen per tahun apalagi menurun, ini sangat membantu pelaku UMKM,” katanya.

Ia menyebutkan, tidak ada alasan untuk tidak ada lapangan pekerjaan. Masyarakat harus peka terhadap peluang usaha apalagi akses permodalan gampang, perizinan juga sangat gampang dilengkapi.

Lebih lanjut ditegaskan, ‎ke depan tidak akan ada lagi permasalahan permodalan, jadi harus diinformasikan ke semua pelaku usaha. Ini akan meningkatkan produktivitas perekonomian.

Ia mengucapkan selamat kepada para penerima KUR seraya berpesan agar segala bentuk kewajiban dapat dilaksanakan. “Ini kesempatan untuk berkembang, maka manfaatkan dengan baik,” katanya. (sta)