Wabup Suiasa Tanda Tangani Prasasti di Pura Parerepan Kuta

28
istKARYA - Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa saat menghadiri upacara Karya Memungkah Madya, Ngenteg Linggih, Pujawali lan Pesucian, Pasupati Pelawatan Barong Selem di Banjar Adat Tegal Kuta, Kamis (8/2) lalu.

Mangupura (Bisnis Bali) – Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri upacara Karya Memungkah Madya, Ngenteg Linggih, Pujawali dan Pesucian, Pasupati Pelawatan Barong Selem di Banjar Adat Tegal Kuta, Kamis (8/2) lalu. Kehadiran Wabup Suiasa yang didampingi Sekretaris Dinas Kebudayaan di Pura Pererepan disambut Sekcam Kuta I Gede Arta, Bendesa Adat Kuta I Wayan Suarsa, Lurah Kuta Wayan Dariana, Kelian Banjar Kuta Nyoman Bagiana Karang dan tokoh masyarakat Kuta. Pada pelaksanaan upacara pecaruan juga dilaksanakan upacara pemelaspasan dan medem pedagingan yang bertujuan untuk mensucikan Pura yang baru selesai dibangun. Sebagai dukungan terhadap upacara tersebut, Wabup Suiasa menyerahkan dana aci Rp 850 juta yang diterima Nyoman Bagiana Karang. Wabup Suiasa juga melaksanakan persembahyangan bersama serta melakukan penandatanganan prasasti.

Wabup Suiasa menyampaikan asperiasi kepada seluruh masyarakat di Banjar Adat Tegal Kuta yang telah mampu melaksanakan pembangunan Pura Pererepan  sekaligus pelaksanan upacara. “Kehadiran kami selaku pemerintah ikut ngrastitiang, semoga upacara yadnya dapat berjalan dengan baik sesuai harapan masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya, apa yang dilakukan masyarakat Kuta ini sangat sejalan dengan komitmen Pemkab Badung dalam upaya mengembangkan dan melastarikan seni, adat, agama dan budaya. Untuk itu diharapkan masyarakat selalu mendukung program dan kebijakan yang dilaksanakan pemerintah daerah kabupaten Badung. (sar)