Tandatangani Kerja Sama SDC Pemkot Denpasar Genjot Sertifikasi Profesi

73
Pemkot Denpasar menandatangani dokumen kerja sama Proyek Percontohan Pusat Pengembangan Keahlian atau Skill Development Center (SDC) dengan Kementerian  Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Perindustrian pada Kamis (8/2) lalu di Jakarta.

Denpasar (Bisnis Bali) – Pemkot Denpasar menandatangani dokumen kerja sama Proyek Percontohan Pusat Pengembangan Keahlian atau Skill Development Center (SDC) dengan Kementerian  Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Perindustrian pada Kamis (8/2) lalu di Jakarta. Perjanjian kerja sama ini dihadiri langsung Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara bersama sejumlah pimpinan OPD terkait lainnya.

Model SDC dikembangkan Bappenas sebagai respons terhadap kebijakan Presiden Joko Widodo untuk merevitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi. Proyek percontohan ini didukung juga oleh Pemerintah Australia melalui program Kompak (Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan).

Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara dalam kesempatan tersebut mengatakan, orientasi dan tantangan para pekerja merupakan potensi calon tenaga kerja kota Denpasar, sedangkan dari segi kompetensi ciri khasnya adalah sertifikasi.

 “Di Kota Denpasar orang-orang yang berkompetensi jumlahnya banyak, namun perlu diperhatikan dan ditingkatkan disini adalah sertifikasi profesi. Untuk itulah perlu peningkatan melalui SDC yang akan mempersiapkannya,” ujar Rai Iswara. (sta)