DURIAN musang king akhir-akhir ini sangat ngetren termasuk di Bali. Harga jual durian yang satu ini sangat fantastis, bisa mencapai jutaan rupiah per buah. Hal ini membuat banyak orang tertarik untuk menanamnya meski harga bibit musang king mencapai Rp 250 ribu per pohon.

Durian musang king memiliki keunggulan daging buah yang berwarna kuning tua, bijinya yang sangat kecil dan rasanya yang manis. “Keunggulan durian musang king, membuat banyak orang yang tertarik untuk menanamnya, apalagi harga jual buahnya yang sangat mahal, membuat petani tertarik menanamnya,” tutur I Ketut Darmawan, SPT pemilik pusat tanaman unggul di Jalan By Pass Ida Bagus Mantra, Gelgel Klungkung.

Bibit musang king ini memiliki keunggulan yaitu menggunakan tiga kaki, sehingga akan mempercepat proses berbuahnya. Karena dengan modifikasi kaki tiga, bibit akan lebih banyak menyerap unsur hara dan makanan untuk tanaman sehingga produktivitas lebih tinggi dan kemampuan berbuah lebih awal dibandingkan dengan bibit yang kakinya satu. “Bibit ini bawahnya tiga tanaman kemudian disambung menjadi satu tanaman agar terjadi penyerapan nutrisi dan produktif tanaman meningkat,” tandasnya.

Durian musang king cocok ditanam di dataran dengan ketinggian 300-500 meter di atas permukaan laut. “Pemeliharaan musang king ini membutuhkan ketelitian dan perawatan secara intensif untuk pemupukan dan penyiraman. Bibitnya unggul, perawatan juga harus unggul,” ungkapnya. (pur)