BUDI DAYA durian memberikan keuntungan besar bagi para petani, sehingga bibit durian belakangan banyak peminat. Untuk memilih bibit durian unggul, ada beberapa hal yang harus diperhatikan petani terutama bebas dari penyakit.

Made Sudarma, penjual bibit durian asal Banjar Tengah Desa Suwug, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng mengatakan, pada dasarnya banyak sekali jenis tanaman durian yang unggulan dan sedang populer seperti durian montong, cane, musangking, durian merah dan jenis varietes lainnya. Dalam menentukan dan memilih bibit durian harus memilih yang bagus, berkualitas dan unggul yang dapat membantu mempercepat pembuahan dan pertumbuhan tanaman.

“Kami membuat bibit dari biji durian unggulan dengan kriteria biji buah durian berkualitas yang berasal dari indukan atau varietas unggul. Biji berukuran bulat lonjong dan mengkilap, tidak adanya serangan penyakit pada biji,” tuturnya.

Bibit yang berumur 6 bulan sudah dapat dipindahkan ke lahan. “Kalau petani ingin membudidayakan durian memang sebaiknya memilih bibit yang umurnya di atas 6 bulan, agar tanaman dapat tumbuh dengan baik,” ucapnya.

Memilih bibit yang bagus harus memiliki perbatangan kuat, pilih bibit yang tumbuh tegak, tidak melengkung dengan ketinggian mencapai 60-80 cm tergantung dengan umur dan varietesnya.  (pur)