Badung Kembali Gelar Anugerah Mangupura Award

16
istAWARD - Sekkab Badung I Wayan Adi Arnawa didampingi Asisten Administrasi Umum Cok. Raka Darmawan dan Kepala Badan Litbang Badung I Wayan Suambara saat rapat koordinasi terkait persiapan penilaian Mangupura Award tahun 2018 di Puspem Badung, Kamis (8/2) kemarin.

Mangupura (Bisnis Bali) – Dalam upaya meningkatkan akselerasi pelayanan publik, tahun 2018 ini Pemkab Badung kembali menggelar Anugerah Mangupura Award. Kali ini tidak hanya diikuti oleh perangkat daerah (PD) namun juga perusahaan daerah dan pemerintah desa se-Badung termasuk perseorangan.

Hal tersebut terungkap saat rapat koordinasi terkait persiapan penilaian Mangupura Award tahun 2018 yang dipimpin Sekkab Badung I Wayan Adi Arnawa di Ruang Kriya Gosana, Puspem Badung, Kamis (8/2) kemarin.

Kepala Badan Litbang Badung I Wayan Suambara melaporkan, Mangupura Award adalah penghargaan yang diberikan oleh Pemkab Badung kepada perangkat daerah, perusahaan daerah, pemerintah desa. Diberikan pula kepada perseorangan masyarakat Badung yang memperoleh pengakuan atas jasa-jasanya bagi Kabupaten Badung sebagai penggagas maupun pelestari atau prestasi tingkat provinsi, nasional dan internasional yang diraih di bidang pendidikan, kebudayaan, kesehatan, lingkungan dan olah raga, serta perseorangan yang diakui prestasinya yang membawa nama baik Kabupaten Badung di bidang tersebut di atas. “Mangupura Award dibagi dua kategori yaitu kategori penilaian bagi PD dan pemerintah desa dan kategori pengakuan bagi perseorangan, ” tambahnya.

Tujuan penganugerahan Mangupura Award ini untuk memotivasi dan mendorong perangkat daerah, perusahaan daerah dan pemerintah desa untuk meningkatkan kinerja, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan benar serta inovatif. Selain itu memberikan penghargaan kepada perseorangan berkat jasa dan prestasinya baik di bidang pendidikan, kebudayaan, kesehatan, lingkungan dan olah raga. Ada 7 kategori penilaian untuk PD, perusahaan daerah dan pemerintah desa meliputi penatausahaan aset daerah, tata kelola keuangan daerah, tata kelola arsip, tata kelola disiplin PNS, tata kelola pelayanan publik, program inovasi dan administrasi akuntabilitas. “Penilaian ini merupakan penilaian terhadap kinerja PD, perusahaan daerah dan pemerintah desa untuk tahun 2017 yang dilakukan tahun 2018,” terangnya.

Penilaian akan dilakukan oleh tim yang dibentuk Pemkab Badung terdiri atas tim eksternal dan tim internal pemerintah. Mengenai penilaian, para peserta harus menyetorkan dokumen administrasi yang menjadi indikator penilaian kepada Tim Verifikasi Dokumen Mangupura Award pada Bidang Pembangunan, Inovasi dan Teknologi Balitbang Badung pada April 2018. Selanjutnya tim akan melakukan verifikasi lapangan mulai April hingga Juli 2018. Anugerah Mangupura Award akan diserahkan pada puncak HUT Ibukota Badung Mangupura pada 16 November 2018 nanti.  (sar)