Aset Rp 34 Miliar Lebih, LPD Desa Penglatan Maksimalkan Kinerja

38
LPJ LPD Desa Pakraman Penglatan.  (ira)

Singaraja (Bisnis Bali) –  Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Pakraman Penglatan Kecamatan Buleleng melaksanakan rapat tahunan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) pada Minggu, 28 Januari 2018 di Mandala Pura Desa Pakraman Penglatan Kecamatan Buleleng.

Kepala LPD Desa Pakraman Penglatan Made Wiriya, S.E.,S.Pd.,  mengatakan rapat tahunan LPJ merupakan bentuk konsekuensi sebagai lembaga perkreditan milik desa yang notabene menjadi milik krama desa, bahwasannya LPJ wajib dilaksanakan setelah tutup tahun buku untuk mengevaluasi kinerja pengurus LPD dan bentuk transparansi baik dengan krama juga pengawas internal dan eksternal. Selain itu untuk lebih mendekatkan antara krama desa dengan LPD.

Selain itu LPJ ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan LPD setiap tahunnya. Hal itu diungkapkan Made Wiriya, dalam LPJ LPD Desa Pakraman Penglatan yang dilaksanakan.

Wiriya menjelaskan kemajuan LPD setiap tahunnya  bisa dilihat dari kepemilikan aset yang terus mengalami peningkatan tidak terlepas dari tingginya antusias krama desa. Saat ini LPD Penglatan mampu dengan kepemilikan aset per 29 Desember 2017 Rp 34.308.795.000,- sementara itu perolehan laba mencapai Rp 1.415.009.000,- Sementara itu sesuai dengan Perda dan Pergub bahwasannya 20 persen dari perolehan laba disetorkan kepada desa pakraman.

Made Wiriya yang juga sebagai bendahara di BKS LPD Kabupaten Buleleng ini mengungkapkan tetap menjalankan program 2017 untuk mempertahankan animo masyarakat. “Program baru tentu ada untuk semakin meningkatkan antusiasme krama baik menabung, kredit atau deposito,”tuturnya.  (ira)