BPR Mampu Salurkan KUR

51
BPR - Layanan transaksi di salah satu BPR di Bali. (kup)

Gianyar (Bisnis Bali) – Bank perkreditan rakyat (BPR) sudah menjalankan linkage program dengan bank umum. BPR sangat mampu menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) melalui linkage program dengan bank umum penyalur KUR.

Direktur Utama BPR Kanti, Made Arya Amitaba, Rabu (7/2) mengatakan, program pemerintah terkait kebijakan KUR sangat tepat. KUR ini sangat dibutuhkan masyarakat di lapisan bawah. Program KUR ini menggerakkan ekonomi kerakyatan bagi masyarakat kecil di lapisan bawah.

Ia menjelaskan, program KUR semestinya tetap disambut baik BPR. BPR langsung bersentuhan dengan masyarakat sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lapisan bawah.

Dipaparkannya, penyaluran KUR semestinya melibatkan unit pelayanan pembiayaan mikro seperti BPR. BPR didirikan di tingkat kecamatan guna  memberikan kebutuhan permodalan di masyarakat kecil.

Lebih lanjut dikatakannya, pemerintah semestinya mengoptimalkan  BPR dalam menyalurkan KUR. Hal ini agar tidak terjadi tumpang tindih dan persaingan tidak sehat. Penyaluran KUR bisa menggunakan jaringan BPR.

Bank umum dan BPR sudah ada jaringan linkage program. Bank umum menyalurkan kredit kepada pengusaha kecil melalu BPR. Bank umum kurang tepat menyalurkan kredit langsung kepada pengusaha kecil. Bank umum harus memberikan penyaluran kredit melalui BPR.

Ia melihat ada suatu kekhawatiran kredit disalurkan melalui BPR berbiaya tinggi. Bank umum langsung menyalurkan kredit ke masyarakat kecil. (kup)