Bali Berpeluang Garap Wisatawan Berkualitas

37
BERLIBUR - Wisatawan asing yang sedang berlibur ke Bali. (kup)

Denpasar (Bisnis Bali) – Pariwisata berpeluang besar menggarap wisatawan berkualitas (quality tourism). Ketua Ikatan Cendekiawan Pariwisata Indonesia (ICPI) Wilayah Bali, Putu Anom, Rabu (7/2) mengatakan, pemetaan penggarapan pasar wisatawan berkualitas menyasar pasar Eropa, Amerika Serikat dan lainnya.

Ia mengatakan, pangsa pasar wisatawan berkualitas itu lebih banyak dari kawasan Eropa Barat. Pasar wisatawan berkualitas ini menyangkut wilayah Eropa Timur dan Amerika Serikat.

Ia menjelaskan, wisatawan berkualitas ini rata-rata memiliki lama tinggalnya di Bali 10-14 hari. Mereka tentunya memiliki tingkat pengeluaran yang cukup tinggi.

Anggota Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Badung ini memaparkan, BPPD Badung sudah menjajaki pasar wisatawan berkualitas tersebut. BPPD bersinergi dengan Dinas Pariwisata Badung dengan melibatkan stakeholders pariwisata telah melakukan promosi ke-3 kota di Amerika Serikat akhir bulan januari lalu.

Rencananya BPPD Badung juga melaksanakan sales mission ke Australia bulan Februari ini. Rutin setiap tahun BPPD Badung mengikuti ajang promosi pariwisata ke ITB Berlin, World Travel Mart (WTM) di Inggris. (kup)