Aset Rp 11.073.862. 307 LPJ LPD Desa Pakraman Lumbanan Tingkatkan Antusias ’’Krama’’

54
LPJ LPD Lumbanan di Pura Desa Pakraman Lumbanan.   (ira)

Singaraja (Bisnis Bali) –  Pengurus LPD Desa Pakraman Lumbanan, Kecamatan Sukasada, Buleleng menyampaikan laporan pertanggungjawaban keuangannya pada 21 Januari 2018. Laporan pertanggungjawaban (LPJ) yang dilaksanakan terhitung tiga bulan setelah tutup tahun buku merupakan kewajiban LPD sesuai Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2012 serta Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 11 Tahun 2013. LPJ ini bertujuan tidak lain sebagai bentuk  juga upaya untuk meningkatkan rasa kebersamaan antara LPD dengan krama desa. Hal itu diungkapkan Kepala LPD Desa Pakraman Lumbanan Wayan Durma, S.Sos., baru – baru ini.

Dalam LPJ perolehan aset per 31 Desember 2017 mencapai Rp 11.073.862.307, sementara itu dari perolehan aset tersebut laba yang diperoleh mencapai Rp 280.971.864 . “Dari jumlah perolehan laba kami serahkan 20 persen untuk dana pembangunan kepada desa adat sebesar Rp 56.194.000,” jelasnya.

Ia menjelaskan, program LPD masih tetap dengan program di tahun 2017 yakni tabungan arisan berhadiah (TABAH ) karena hingga saat ini program tersebut masih cukup menarik antusiasme krama desa. Hal itu dapat dibuktikan dari peningkatan peserta dimana untuk periode pertama jumlah peserta 301  orang sedangkan tahun ini pada periode kedua peserta meningkat menjadi  599 orang.

Selain itu pihaknya beserta pengurus dan badan pegawai internal juga memberikan dana duka bagi krama desa yang anggota keluarganya meninggal dunia sebesar Rp 500.000,-. Khusus untuk deposan, tabungan dan deposito, LPD memberikan hadiah langsung melalui pengundian setiap bulannya.

Durma mengapresiasi antusias krama yang sudah mendukung keberadaan LPD, pihaknya berharap berbagai program dan kegiatan dari LPD mampu menopang perekonomian krama desa. Selain itu pesatnya perkembangan  LPD selama ini tidak terlepas dari bimbingan oleh Tim Pembina LPD seperti BKS-LPD dan LP-LPD Kabupaten Buleleng. “Selain itu kita ada bank BPD Bali sebagai mitra kerja LPD yang sudah tentu kerja samanya sudah terjalin dengan baik selama ini,”imbuhnya.  (ira)