Pasar Cina Dukung Pariwisata Bali

48
BERLIBUR - Wisatawan Cina yang berlibur ke Bali.

Denpasar (Bisnis Bali) – Pemerintah Provinsi Bali telah melakukan pemetaan pasar pariwisata Bali 2018. Kadispar Bali, AA Gede Yuniartha Putra, Selasa (6/2) mengatakan, pasar Cina tetap menjadi salah satu pangsa pasar utama yang datang  berlibur ke Bali.

Ia mengungkapkan, pasar Cina tetap disasar untuk meningkatkan kunjungan wisman ke Bali. Di samping itu juga Bali  mencoba mencari pasar baru. Penggarapan pasar pariwisata Bali tetap memperhatikan pertumbuhannya. Makin tinggi tingkat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dari pasar tersebut ke Bali akan menjadi pasar utama bagi pariwisata Bali. “Dalam pemetaan pasar, kita harus melihat pertumbuhan pasar wisman yang datang ke Bali,” katanya.

Dipaparkannya, untuk 2018 Bali sedang menghitung berapa target wisman dan wisatawan domestik (wisdom) ke Bali. Untuk perhitungan sementara, wisman yang ditargetkan berlibur ke Bali 2018 kurang lebih 6,5 juta wisman. Target  sementara kedatangan wisdom ke Bali 2018  sekitar 10 juta orang. “Ini masih  dalam penghitungan, jadi itu target kunjungan sementara wisatawan ke Bali,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, 2018 pasar yang digarap pariwisata Bali meliputi pangsa pasar yang tahun sebelumnya banyak  mendatangi Bali. Ini seperti pasar Cina, Australia, India, Eropa, Asia Pasific, ASEAN, Amerika dan lainnya. Pasar tersebut digarap agar mereka tetap mengunjungi pariwisata Bali.

Yuniartha Putra menegaskan, pasar Cina ini harus tetap digarap secara berkesinambungan. “Ini dikarenakan, pasar Cina ini cukup besar outbond-nya,” katanya. (kup)